Powered By Blogger

to search

Pengikut

Kamis, 15 April 2010

Kethoprak


Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pentasan ketoprak, sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan disajikan.

Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Banyak pula diambil cerita dari luar negeri. Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita): Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukkan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang.

Beberapa tahun terakhir ini, muncul sebuah genre baru; Ketoprak Humor yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI. Dalam pentasan jenis ini, banyak dimasukkan unsur humor.

Ketoprak yang bukan ketoprak sejenis makanan ini adalah sejenis teater tradisional, atau drama tradisional indonesia yang bisa dikategorikan farce karena isinya biasanya merupakan komedi yang memancing rasa tawa dan geli. Komedinya biasanya karena ada kata2 yang agak 'kotor' atau tak layak ucap atau malahan biasanya juga tingkah megang kepala atau nonyol. pokoke bau farce wis, kata buku sastra indonesia. :-)

Ketoprak dapat merujuk kepada:


Diambil dari www.wikipedia.com

0 komentar: