Powered By Blogger

to search

Pengikut

Kamis, 15 April 2010

Ondel Ondel Betawi


Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Nampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalarnnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki di cat dengan warna merah, sedang yang perempuan dicat dengan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang terdapat di beberapa daerah lain.

Di Pasundan dikenal dengan sebutan Badawang, di Jawa Tengah disebut Barongan Buncis, sedangkan di Bali lebih dikenal dengan nama Barong Landung. Menurut perkiraan jenis pertunjukan itu sudah ada sejak sebelum tersebarnya agama Islam di Pulau Jawa.

Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Dewasa ini ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misainya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel ternyata masih tetap bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

By: Abdurrahman Adam Terus Tegang ( Gremo Mania )

Musik pengiring

Musik yang mengiringi ondel-ondel tidak tertentu, tergantug dari masing-masing rombongan. Ada yang diiringi tanjidor, seperti rombongan ondel-ondel pimpian Gejen, kampong setu. Ada yang diiringi dengan lagu Baon The Kontol pencak Betawi seperti rombongan “Beringin Sakti” pimpinan Duloh, sekarang pimpinan Yasin, dari Rawasari. Adapula yang diirig Bende, "Kelot Kemes", Ningnong dan Rebana kontolketimpring, seperti rombogan ondel-ondel pimpinan Lamoh, Kalideres. Ondel-ondel betawi tersebut pada dasarnya masih tetap bertahan dan menjadi penghias di wajah kota metropolitan Jakarta.

Boneka Ondel - ondel Betawi

indosiar.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal ondel - ondel, ? Boneka khas Betawi yang menjadi simbol kota Jakarta selalu dihadirkan pada acara pesta pernikahan, sunatan Betawi dan acara adat khas Betawi lainnya.

Rata - rata ondel - ondel Betawi tersebut dihadirkan dalam ukuran panjang 2,5 meter. Namun tak banyak orang yang berminat untuk mengembangkan miniatur boneka Betawi, seperti yang dikembangkan Hanna, warga Tebet, Jakarta Selatan ini. Hanna mengaku, pengembangan kerajinan boneka yang terbuat dari kayu pohon waru ini sejak 2005 lalu.

Wanita yang memiliki kemampuan menggambar dan menjahit ini, memesan boneka kayu yang telah dirancangnya dari pengrajin Yogyakarta. Sedangkan pengecatan dan perancangan baju boneka serta assesorisnya dikerjakan oleh ia dan karyawannya. Menurut Hanna, proses pembuatan baju dan assesoris miniatur ondel - ondel dan penari Betawi ini tidaklah mudah.

Ia harus membuatnya mirip dengan detail sesuai aslinya. Untuk setiap satu meter kain, dapat menghasilkan sekitar 15 buah baju ondel - ondel.

Dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi tidak heran bila Hanna mematok harga yang pantas terhadap miniatur boneka penari dan ondel - ondel Betawinya. Terlebih lagi saat ini bahan untuk assesoris boneka Betawi ini sudah tidak mudah ditemui dipasaran.

Harganya bervariasi, mulai 120 ribu rupiah hingga 450 ribu rupiah. Untuk sepasang ondel - ondel yang dibungkus dalam art criling. Selain ondel - ondel dan penari Betawi, Hanna kini juga sudah mulai membuat miniatur boneka Abang None juga. Hingga kini Hanna sudah merancang sekitar 600 buah miniatur boneka Betawi yang sebagian dipromosikan dipusat kerajinan Jakarta.

Wanita yang berusia 70 tahun ini berharap dengan dikembangkannya kerajinan miniatur boneka Betawi, adat kebudayaan Betawi yang sudah ada sejak ada puluhan tahun silam ini akan tetap dipakai pertahankan. (Eliza Amanda/Amirulloh/Dv/Ijs)


Diambil dari www.wikipedia.com dan www.indosiar.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

---------------------------------------------------
DAFTAR FILM FILM MOVIE SERU 2016
FILM TERBARU 2016
FILM KELUARAN 2016
NONTON FILM YANG BARU KELUAR 2016
-------------